Powered By Blogger

Kamis, 26 April 2012

NORWEGIA




KERAJAAN NORWEGIA



Norwegia 

Kerajaan Norwegia atau Kongeriket Norge (Noreg) dalam bahasa Norwegia, adalah sebuah negara Nordik di Semenanjung Skandinavia bagian ujung barat yang berbatasan dengan Swedia, Finlandia, dan Rusia. Pantainya yang berada di Samudera Atlantik Utara dan Laut Barents adalah lokasi dari fyord terkenal. Svalbard dan Jan Mayen berada di bawah kedaulatan Norwegia berdasarkan Traktat Svalbard. Norwegia memiliki sebuah pulau bernama Bouvet yang terletak di Samudera Atlantik. Luas total Norwegia adalah 385,525 km² dan populasi sebesar 4.9 juta. Norwegia merupakan negara dengan kepadatan penduduk terendah kedua di Eropa. Ibukotanaya adalah Oslo. Norwegia memiliki cadangan minyak bumi, gas alam, mineral, makanan laut, air segar yang luas. Norwegia juga penghasil minyak dan gas alam per kapita terbesar di luar Timur Tengah.



Sejarah singkat Norwegia

Norwegia biasanya disebut Kongeriket Norge (Kerajaan Norwegia) dalam tulisan Bokmål,sedangkan Kongeriket Noreg dalam tulisan Nyrosk. Orang Norwegia Lama biasanya menyebut Norwegia adalah Noregr, dan orang pertengahan Latihan adalah Nor(th)vegia .Beberapa teks abad pertengahan menyebut tentang mitos raja Norr, anak Snær (personifikasi salju), keturunan Fornjót, penguasa legendaris Finlandia. Namun, secara umum diasumsikan nama berasal dari orang Norwegia Lama, yang berarti "norðvegr" (di utara jalan). Norwegia juga memiliki istilah austrvegr "tanah di sebelah timur" (Rusia), vestrvegr "tanah di sebelah barat" (Inggris dan Irlandia) dan suðrvegr "tanah di sebelah selatan" (Mediterania).

Zaman Viking berkarakteristik dengan perluasan dan emigrasi oleh para penjelajah laut Viking. Menurut tradisi, Harald Fairhair (Harald Hårfagre) bersatu dengan mereka saat 872 M setelah Pertempuran Hafrsfjord di Stavanger, sehingga menjadi raja pertama dari Norwegia bersatu. Wilayah Harald terutama pantai Norwegia Selatan.

Kerajaan Norwegia saat masa kejayaannya, tahun 1265 M. Harald Fairhair memerintah dengan tangan yang kuat ,dan menurut sejarah, banyak orang Norwegia meninggalkan negaranya untuk hidup di Islandia, Kepulauan Faroe, Tanah Hijau, dan bagian dari Britania Raya dan Irlandia. Kota-kota Irlandia saat ini seperti Dublin, Limerick, dan Waterford didirikan oleh pemukim Norwegia dan Denmark.



 Fisiografi Norwegia

Wilayah Eropa Utara, Luas 385.199 km2 (148.726 sq mi), Perbatasan perbatasan darat, Total: 2515 km, Titik tertinggi Galdhøpiggen 2469 m, Sungai terpanjang Glomma 604 km Danau Terbesar Mjøsa 362 km ².

Norwegia merupakan negara yang terletak di Eropa Utara di bagian barat dan utara Semenanjung Skandinavia, berbatasan dengan Laut Utara di barat daya dan masuk Skagerrak di selatan, Samudera Atlantik Utara (Laut Norwegia) di barat dan Laut Barents ke timur laut. Norwegia memiliki panjang perbatasan darat dengan Swedia ke timur, satu lebih pendek dengan Finlandia di timur laut dan perbatasan masih lebih pendek dengan Rusia jauh di timur laut.

Norwegia memiliki bentuk yang sangat memanjang, salah satu garis pantai terpanjang dan paling terjal di dunia, dan beberapa 50.000 pulau lepas pantai indentasi banyak. Daratan mencakup 13 ° lintang, dari 58 ° N ke lebih dari 71 ° N, (Svalbard utara ke 81 ° N), dan mencakup bujur dari 5 ° E dalam Solund untuk 31 E ° Vardø (Jan Mayen sampai 9 ° W , Kvitøya untuk 33 ° E).

Norwegia merupakan salah satu negara di dunia paling utara, dan salah satu negara yang paling Eropa pegunungan dengan daerah yang luas didominasi oleh Pegunungan Skandinavia, ketinggian rata-rata adalah 460 m dan 32% dari daratan yang terletak di atas garis pohon.

Rantai panjang negara-puncak adalah terus-menerus dengan geologi pegunungan Skotlandia, Irlandia dan, melintasi Samudra Atlantik, Pegunungan Appalachian di Amerika Utara. Ahli geologi berpendapat bahwa semua ini membentuk berbagai tunggal sebelum pecahnya superbenua Pangaea kuno.

Hampir seluruh negara ditutupi dengan lapisan es tebal selama zaman es terakhir, serta di banyak zaman es sebelumnya. Pergerakan es diukir lembah, dan ketika es mencair, laut banyak dipenuhi lembah-lembah, menciptakan fjords terkenal Norwegia.

Negeri ini masih rebound dari berat besar es (rebound isostatic), "yang tumbuh di laut" dengan beberapa mm setahun, terutama bagian timur negara itu dan bagian dalam dari fjords panjang, di mana es penutup adalah tebal. Ini adalah proses yang lambat, dan selama ribuan tahun setelah akhir zaman es, laut meliputi wilayah substansial dari apa yang saat ini lahan kering. Laut mencapai apa yang sekarang ini ketinggian 221 m di Oslo (Aker), 25 m di Stavanger, 5 m dekat Stad, 180 m di Trondheim, 50 m di Tromsø dan 75 m di Kirkenes. Ini dasar laut tua sekarang antara tanah pertanian terbaik di negeri ini.

Gletser di daerah pegunungan yang lebih tinggi saat ini tidak sisa-sisa lapisan es besar dari zaman es, asal-usul mereka yang lebih baru [2] iklim regional ini sampai 1-3 °. C lebih panas pada 7000 SM ke 3000 SM di Holocene optimum iklim, (relatif terhadap periode 1961-1990), melelehkan gletser yang tersisa di pegunungan hampir sepenuhnya selama periode itu.

Sebagai hasil dari ukiran es, Sognefjorden adalah kedua fyord terdalam di dunia dan Hornindalsvatnet adalah danau terdalam di Eropa.

Norwegia berbatasan langsung dengan Laut Utara di barat daya dan Kepulauan Skagerrak di selatan, Laut Norwegia di barat, serta Laut Barents di timur laut. Di sebelah timur, Norwegia berbatasan langsung dengan Swedia, Finlandia, dan Rusia. Titik tertinggi di Norwegia adalah Galdhøpiggen dengan ketinggian mencapai 2.469 meter dari permukaan laut.

Kependudukan Norwegia

a.       Sejarah singkat masyarakat Norwegia

Area pemukiman tradisional Sámi tersebar di empat Negara: Finlandia,Norway, Rusia dan Swedia. Masyarakat Sámi meninggali area ini jauh sebelum ditetapkannya batas Negara. Oleh karena itu mereka dikenal sebagai penduduk asli Norway.

Tidak ada data tepat mengenai jumlah populasi Sámi di Norway, namun diperkirakan mencapai sekitar 60.000 hingga 100.000 penduduk. Sekitar 15.000-25.000 masyarakat Sámi tinggal di Swedia, sementara lebih dari 6.000 tinggal di Finlandia dan 2.000 di Rusia. Sekitar 11.000 masyarakat Sámi terdaftar di pemilihan umum, yang terdiri dari semua masyarakat Sámi yang berusia di atas 18 tahun yang terdaftar untuk memilih dan berperan dalam pemilihan umum di Sámediggi (Parlemen Sámi).

Area peternakan rusa kutub masyarakat Sámi terletak di lima propinsi paling utara Norway dan kota Engerdal di Propinsi Hedmark. Sumber kehidupan tradisional masyarakat kota terdiri dari peternakan, berburu dan memancing, pertanian dan duodji, atau kerajinan tangan Sámi.Hari Nasional Saami dan bendera Saami.

Sejak tahun 2004, Hari Nasional Sámi pada tanggal 6 Februari merupakan hari nasional di Norway. Hari Nasional Sámi dirayakan di Norway, Swedia, Finlandia dan Rusia yang menjadi simbol persatuan Sámi diseluruh negara. Tanggal tersebut sebagai peringatan kongres pertama Sámi yang diadakan pada 6 Februari 1917, yang menjadi dasar pembangunan kerja sama nasional dan antar perbatasan Sámi.

Pada bulan April 2004, Undang-undang mengenai pengibaran bendera digedung publik dirubah dengan menyertakan bendera Sámi. Pemerintah kota dan propinsi sekarang diijinkan untuk mengibarkan bendera Sámi dalam berbagai acara.

Bendera Sámi diresmikan oleh Badan Sámi pada tahun 1986, sebuah organisasi internasional non-pemerintah dengan organisasi anggota Sámi di Finland, Norway, Rusia dan Swedia. Bab 1, Pasal 6 Undang-undang Sámi memberikan kewenangan kepada Sámediggi untuk menerapkan peraturan dengan penggunakan bendera Sámi di Norway.

Bendera Sámi pertama kali dikibarkan di Kompleks Administrasi Pemerintah pada Hari Nasional Sámi 2003. Di masa mendatang, bendera akan dikibarkan di Kompleks Administrasi Pemerintah setiap 6 Februari sebagai simbol peranan budaya Sámi di Norway. Bendera juga akan dikibarkan di Storting (gedung parlemen Norwegia).



b.      Agama

Kegiatan keagamaan Norwegia merupakan masalah pribadi; dimana sebagian besar perorangan mengatakan bahwa agama penting bagi mereka, namun hal ini tidak diekspresikan melalui partisipasi aktif dalam kegiatan keagamaan dalam komunitas. Sementara sekitar 88% dari angka populasi merupakan anggota Gereja Norwegia, hanya 10% yang menghadiri misa atau pertemuan lainnya lebih dari satu kali dalam sebulan. 

Sekitar 5,9% dari angka populasi merupakan anggota komunitas keagamaan lainnya, sementara 6,2% bukan merupakan anggota komunitas keagamaan manapun. Komunitas keagamaan terbesar diluar Gereja Norwegia adalah Pergerakan Kemanusiaan (Humanist Movement), yang diwakili oleh Asosiasi Kemanusiaan Norwegia (63.000), Islam (60.000), Pergerakan Pantekosta (45.000), Gereja Roman Katholik (40.000 atau lebih), Evangelical-Lutheran (20.000), Methodist (13.000) dan beberapa gereja bebas lainnya.

Perubahan masyarakat Norwegia ke Kristen dimulai sekitar tahun 1000 dan merupakan hasil dari hubungan dengan Kristen Eropa melalui kombinasi kegiatan perdagangan dan serangan Viking. Kegiatan misionari dilakukan oleh gereja Anglo-Saxon, sementara Jerman dan Denmark juga membantu agama Kristen mendapat tempat untuk menggantikan mitologi tradisional Norse dan ritual keagamaan Masyarakat Saami.

Pemeluk Kristen di Norwegia merupakan anggota Gereja Katholik Roman hingga era Reformasi 1537. Larangan untuk berkotbah diangkat pada tahun 1842, yang membangkitkan gerakan gereja bebas dan organisasi kritis di dalam Gereja Norwegia. Sebagai hasil, masyarakat gereja Norwegia seringkali diasosiasikan dengan pandangan Kristen konservatif dan pergerakan misionari.



c.       Bahasa

Bahasa tulis Skandinavia yang pertama kali diketahui ialah bahasa Norwegia Kuno atau Dansk tunga (lidah Denmark), yang muncul dalam tulisan Rune dari sekitar 700 M ke atas. Antara 800 dan 1050 M sebuah bagian mulai muncul antara Norse Timur, yang berkembang ke dalam bahasa Swedia dan Denmark, dan Norwegia Barat, yang berkembang ke dalam bahasa Norwegia, Faroe dan Islandia. Pendudukan Viking menyebarkan logat Norwegia Barat ke Orkney, Shetland, Pulau Man, Skotlandia Barat, Hebrida, Irlandia, Kepulauan Faroe, Islandia dan Tanah Hijau.

Awalnya sastra Norwegia, terutama puisi dan prosa sejarah, ditulis dalam bahasa Norse Barat dan maju antara abad ke-9 dan 14. Setelah itu Norwegia termasuk Swedia dan kemudian kekuasaan Denmark. Bahasa Norwegia terus dituturkan namun bahasa Denmark digunakan untuk tujuan resmi, sebagai bahasa sastra dan dalam pendidikan tinggi.

Setelah Norwegia berpisah dari Denmark pada 1814, bahasa Denmark terus digunakan di sekolah sampai 1830-an, saat gerakan pembentukan bahasa kebangsaan baru timbul. Pemikiran di balik pergerakan ialah bahwa bahasa Denmark tertulis berbeda dengan sampai begitu luas bahasa tertulis Norwegia yang sulit dipelajari, dan sebab dipercaya bahwa tiap negeri harus memiliki bahasanya sendiri.
Sistem pemerintahan Norwegia

Norwegia adalah negara monarki konstitusional yang menggunakan sistem pemerintahan parlementer.

Parlemennya, Stortinget, memiliki 169 anggota (sebelumnya 165, kemudian ditambah 4 orang pada tanggal 12 September 2005) yang dipilih untuk masa jabatan 4 tahun. Parlemen ini terbagi dua dalam voting legislasi, Odelsting dan Lagting. Kecuali untuk beberapa hal, Storting berfungsi sebagai parlemen unikameral.





 Kebudayaan Norwegia

Oslo menghadirkan gamelan sebagai ikon kebudayaan Indonesia dalam Festival Kebudayaan Internasional Stoppested Verden 2008 di Hamar.
Festival kebudayaan tersebut merupakan agenda tahunan pada musim panas yang kali ini dipusatkan di Museum Kereta Api Hamar, sekitar 140 km dari Oslo.
Selain Indonesia, negara-negara lain yang gigih berpromosi dalam festival ini antara lain Thailand, India, Brazil, Argentina, Kuba, Spanyol, Norwegia, Namibia, Turki, Iran, Pakistan, Afghanistan, Ethiopia, Somalia.


Ekonomu Norwegia

Norwegia merupakan negara industri yang banyak mengalami perkembangan dengan model ekonomi terbuka dan berorientasi pada kegiatan ekspor. Terdaftar sebagai salah satu negara terkaya di dunia, Norwegia juga menduduki peringkat tinggi dalam hal standar hidup, usia rata-rata, standar kesehatan secara umum dan standar perumahan.

Kekayaan materi sebagian disebabkan karena kekayaan sumber daya alam, dan sebagian lagi dikarenakan keikutsertaan Norwegia dalam industri Eropa Barat, serta kedekatan dengan pasar utama. Norwegia telah menerapkan ukuran restrukturisasi untuk mencapai pertumbuhan ekonomi. Hubungan perdagangan yang luas dengan negara lain telah memberikan industri Norwegia landasan untuk mengembangkan sistem ekonomi yang lebih maju. Jumlah investasi yang besar untuk produksi peralatan, memperbaiki standar pendidikan serta keahlian teknis dan organisasional di industri serta administrasi publik turut serta membantu pertumbuhan ekonomi negara.

Abad ke-20 mewakili periode pertumbuhan ekonomi yang sangat cepat di Norwegia. Sejak tahun 1970, industri minyak lepas pantai telah memainkan peranan dominan dalam perekonomian Norwegia. Hanya sebesar 21% tanah Norwegia yang produktif (3% tanah pertanian dan 18% hutan produktif). Norwegia bukan merupakan anggota negara Uni Eropa (EU), namun turut berpartisipasi dalam pasar EU sebagai bagian dari perjanjian European Economic Area (EEA) antara negara EU dan European Free Trade Association (EFTA).



Ekonomi Norwegia secara umum dikarakterisasikan sebagai ekonomi campuran – ekonomi pasar kapitalis dengan komponen pengaruh yang jelas.

Seperti yang terjadi di negara-negara lain di Eropa Barat, ekspansi kebanyakan industri di Norwegia secara umum diatur oleh hak properti swasta dan sektor swasta. Namun, beberapa kegiatan industri juga dimiliki atau dijalankan oleh negara. Kepemilikan negara dan peraturan sektor swasta mengklasifikasikan Norwegia sebagai pasar campuran dan ekonomi terencana. Administrasi negara mencakup pajak, bea cukai dan subsidi, serta bertanggung jawab dalam hal perijinan dan peraturan elemen-elemen seperti lingkungan kerja, prosedur akuntansi, polusi dan produk. Selama tahun 1990, kepemilikan industri oleh negara telah lebih terfokus pada investasi keuangan.

Sektor industri secara umum masih dimiliki oleh swasta, namun negara juga merupakan pemilik mayoritas beberapa perusahaan terbesar di Norwegia, seperti Statoil dan Norsk Hydro. Statoil (perusahaan minyak milik negara Norwegia) menempati posisi dominan di industri minyak Norwegia, serta di bidang petro-kimia, pemurnian minyak dan industri pemasaran minyak. Agrikultur dan perikanan dikelola oleh swasta, diluar fakta bahwa sekitar 10 persen tanah hutan produktif dimiliki oleh negara.

Dalam industri perbankan, bank negara melayani industri paling penting (agrikultur, perikanan, industri berat) untuk wilayah kotapraja, pembangunan daerah, perumahan dan pendidikan. Negara merupakan pemilik utama tenaga air (hydropower) dan listrik. Walaupun negara memonopoli layanan kereta dan kantor pos, perusahaan negara memiliki kendali yang lebih bebas, yang pada akhirnya mengharuskan mereka bersaing.

Keterlibatan negara dalam industri Norwegia pelan-pelan mulai menurun dalam hal mengikuti deregulasi dan proses privatisasi yang terjadi di seluruh industri

Kebijakan ekonomi Norwegia dirancang untuk menstabilkan dan menanggulangi pengangguran dan inflasi, menstimulasi pertumbuhan serta mempengaruhi struktur industri dan penyebaran pendapatan.

Area dengan industri kecil dikenakan pajak yang lebih ringan dibanding area lainnya, dan institusi pemberi kredit didirikan untuk memberikan dukungan kepada sektor industri daerah serta agrikultur, perikanan dan industri tertentu lainnya. Tujuan dari skema ini adalah untuk memajukan inovasi, menjaga industri tradisional atau mencegah hilangnya industri lokal.

Sebagai tambahan dari kebijakan keuangan dan kredit, badan otoritas pusat juga menerapkan kebijakan pendapatan, yang melibatkan pengukuran untuk mempengaruhi hasil negosiasi upah, agrikultur, perikanan dan sebagainya.

Perjanjian pajak untuk keperluan penelitian dan pengembangan, serta dukungan pemerintah untuk kegiatan penelitian telah dicanangkan untuk memajukan pertumbuhan industri baru.



Vegetasi Norwegia

Di seluruh Norwegia, dapat ditemukan pemandangan yang menakjubkan. Pantai barat di bagian selatan Norwegia dan pantai utara Norwegia menghadirkan beberapa pemandangan yang impresif. National Georaphic mencatat fyord-fyord Norwegia sebagai atraksi turis yang bagus. Pada tahun 2008, Indeks Kinerja Lingkungan mencatat Norwegia pada nomor dua, setelah Swiss.


Iklim Norwegia

Norway memiliki ketinggian yang sama dengan Alaska, Greenland dan Siberia. Namun dibandingkan dengan daerah-daerah tersebut, Norway memiliki iklim yang lebih menyenangkan.



a. Musim panas.

Akhir Juni atau awal Agustus memiliki suhu yang paling hangat dan bulan ketika hari menjadi panjang dan terang. Suhu di bulan Juli dan Agustus dapat mencapai 25°C - 30°C. Pada saat yang bersamaan, hampir tidak ada kelembaban di udara. Suhu laut dapat mencapai 18°C atau lebih tinggi, sehingga berenang menjadi kegiatan yang populer.

Cuaca paling hangat dan paling stabil umumnya terjadi di sisi Timur dari pegunungan di Utara, termasuk pesisir Selatan antara Mandal dan Oslo. Bahkan di daerah yang lebih ke Utara, suhu musim panas juga menyenangkan – kadang mencapai 25°C. Namun, cuaca musim panas dapat menjadi basah dan selalu berubah, terutama di daerah Barat, Pusat, dan Utara Norway. Jika Anda ingin menyaksikan matahari tengah malam, Anda harus pergi ke daerah Utara, di atas Arctic Circle



b. Musim gugur

Pada musim gugur, pemandangan dihiasi dengan warna emas. Suhu perlahan-lahan menurun melalui September, yang merupakan waktu tepat untuk memetik buah berry dan jamur. Selama musim gugur, wilayah daratan kehilangan lebih banyak panas dibandingkan laut, dan akhirnya daerah pesisir pantai memiliki temperatur yang paling tinggi. Pada bulan September, daerah di luar Oslofjord umumnya memiliki suhu yang paling tinggi.

Pada musim gugur, daerah yang paling hangat umumnya adalah pantai Rogalanddan Hordaland Musim dingin.



c. Musim dingin

Kebanyakan wilayah Norway berubah menjadi surga yang ditutupi salju. Daerah yang lebih rendah, baik di bagian Selatan dan Utara Norway, dapat memiliki suhu yang sangat rendah saat musim dingin. Suhu dapat mencapai di bawah -40°C di daerah dalam Finnmark, Troms, Norway Pusat dan Norway Timur, walaupun hal ini tidak terjadi setiap musim dingin.

Secara kontras, daerah pesisir mengalami musim dingin yang sedang. Namun, angin kencang, hujan dan mendung dapat sering terjadi. Musim semi
Bulan Mei ke pertengahan Juni adalah waktu dimana pemandangan di Norway sangat luar biasa, dengan pepohonan dan bunga-bunga yang mulai bersemi, salju di pegunungan yang mulai mencair menjadi seperti air terjun. Bunga-bunga anggrek yang bermekaran di sepanjang Hardangerfjord pada bulan Mei tampak seperti pemandangan surga.

Ada beberapa hari libur pada bulan Mei, dan masyarakat Norwegia menggunakan hari tersebut sebaik-baiknya untuk merayakan musim semi setelah musim dingin yang panjang.



d. Musim semi

Merupakan waktu dimana perbedaan suhu antara bagian Selatan dan Utara sangat mencolok. Musim semi juga merupakan waktu dimana suhu siang dan malam hari sangat berbeda. Pada awal musim semi, wilayah di dekat pantai Norway Barat umumnya memiliki suhu yang sangat tinggi, namun pada bulan Mei, suhu tertinggi umumnya terjadi di daerah Selatan dari Norway Timur dan Selatan.

Cuaca musim semi dapat sangat bervariasi. Ada saat dimana hari menjadi sangat dingin untuk turun salju dan saat dimana hari menjadi cukup hangat untuk duduk di luar menikmati sinar matahari. Musim semi juga dapat menjadi sangat berangin.

Perlu diperhatikan bahwa cuaca dan suhu dapat berubah dengan sangat cepat, terutama di pegunungan. Jadi baik musim panas atau musim dingin, musim gugur atau musim semi – siapkan diri Anda untuk perubahan cuaca yang tiba-tiba dan jangan lupa membawa alas kaki yang baik dan baju hangat.



Suhu rata-rata siang


Kapan / dimana

Oslo

Bergen

Trondheim

Bodø

Tromsø

Januari

-2.3

2.7

-1.6

-1.3

-3.8

Februari

-1.3

3

-0.7

-0.9

-3.1

Maret

2.4

4.9

2.1

-1

-1

April

7.3

8

5.1

3.8

1.7

Mei

14

12.9

10.5

8.5

6.1

Juni

17.6

15.1

13.2

11.8

11

Juli

19.9

16.6

15.3

14.1

13.7

Agustus

18.7

16.3

14.9

13.8

12.5

September

13.7

13.3

11.3

10.7

8.4

Oktober

8.1

9.8

6.7

6

3.3

November

2.3

5.8

1.8

1.7

-1

Desember

-1.4

3.3

-1.1

-0.5

-3

3 komentar:

  1. saya masih belum bisa menemukan "Kemajuan dibidang Pertanian Norwegia" disini

    BalasHapus
  2. yuk main sabung ayam
    yuk main agen sabung ayam
    yuk main judi sabung ayam online
    yuk main bolavita
    yuk main asianbookie

    BANDAR Taruhan Online Terpercaya BOLAVITA

    1. agenpialadunia2018-blog.logdown.com

    BalasHapus
  3. Thanks for info jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2NJpsuG

    BalasHapus